Cara Meningkatkan Popularitas Peringkat Pertama (Off-Page SEO)



BAB 5 Optimasi Off-page SEO

Yang dimaksud Off-page SEO adalah Optimasi yang dilkukan diluar website.
Termasuk on-page SEO ( yang bekerja mengoptimasi dari dalam website ) masih aja gak cukup untuk mendapatkan peringkat teratas dan terbaik di hasil mesin pencari.
Terutama buat website yang baru lahir yang belum ada mungkin belum punya audience, beda lgi kalau mungkin pesaing kata kuncinya rendah.

Salah satu hal terpenting dari backlink

1419519977_award-128
Maka dari itu anda harus mengerti apa itu off-page SEO, saya akan sedikit bahas apa itu hubunganya dngan mesin pencari ( search engine ) dan link.
Search engine seperti google memiliki bot bertugas untuk melakukan crawling di internet.
Ini asli punya google nama kata lain Googlebot.

Proses kerjanya bergerak dari website ke website yang lain melalui link yang tercampur di halaman website. Dari semua data akan dikumpulkan oleh googlebot, lah maka dari itu terjadinya index dengan  terjadinya urutan peringat website.

Mungkin dari Googlebot menggunakan link itu sebgai nvigasi. maka dari itu website yang memiliki banyak link dari website lain akan mendapatkan prioritas peringkat tertinggi.
dari semakin banyaknya link maka akan semakin tinggi kualitas linknya. Secara otomatis posisi website menjadi terbaik dan teratas.

Makanya link dari website yang lain ( backlink ) sangat memegang peranan penting dalam tehnik SEO.

Kesalahan strategi link building

no blackhatOff-page SEO memiliki sisi gelap didalamnya.
Misalnya seperti orang-orang yang punya tujuan supanya menaikan websitenya tapi disamping itu dia malasgk pernah membuat konten yang berkualitas dan cara pemasaranya hanya mengandalkan dari link building.

Link building adalah Salah satu penunjang dalam konten website, tanpa ada konten yang berkualitas anda jangan sampai melakukan link building. akan percuma saja dan hasilnya juga akan kena hukuman dari pihak google.

Content marketing yang berkualitas selalu ada keterhubungan dengan link building, Bukan melalui spamming lo ya... atau pengguna bot dan software otomatis.

Ini ada beberapa bentuk Backlink yang dibenci oleh mesin pencari dan salah dalam penggunaanya

1. Membeli link supaya mengundang jasa backlink.
Memang dengan cara membeli akan bisa menaikan rangking tapi ya ketahanannya cuma sebentar ( tidak tahan lama). dan juga bisa akan kena sanksi dari pihak google.

2. Bertukar link
Cara ini sempat menghebohkan ditahun 2000an, tapi tidak akan memberi manfaat kalau bertukar link secara langsung.

3. Berkomentar diblog dan diforum
Ini berkerja dengan manfaat besar jika anda mendapatkan komentar diblog atau diforum, tapi kedua lahan tersebut bisa menjadi spam.

4. Menggunakan software bot
Ada sebuah software yang digunakan untuk mendapat link otomatis,tapi punya resiko fatal untuk website anda dan kualitas website anda rendah.

5. Auto-approve link
Bentuk link yang dihasilkan bukan langsung dari pemilik website, maksutnya website anda akan muncul ketika memasukan link nama tersebut.

6. Private blog network
Contoh ada ada 1 blog yang kusus buat sekumpulan link atau sebagai backlink ke website anda , tetapi secara pihak google akan menghukum blog tersebut.

7. Yang terakhir Spam
Segala bentuk apapun, tehnik spamming tidak akan memberikan manfaat untuk anda, maka kalau bisa hindari supaya tidak merugikan anda.

Sperti cara-cara yang anda dapatkan link diatas biasanya kualitasnya rendah. hasil maksimumnya yang didapat dengan peringkat tertinggi tapi dalam jangka pendek, nantinya akan terkena pilnati dari google.

..."Makanya usahakan hindari tehnik yang seperti itu.

Sama sebenarnya dengan tehnik on-page SEO sangat berpengaruh. bahkan off-page SEO ini lebih sensitif terhadap kualitas yang di hasilkan.

..."Maksudnya gini...
Anda punya website dan kontenya sangat berkualitas kalau anda melakukan optimasi off-page SEO seperti yang dilanggar diatas, anda tidak akan jauh-jauh terhindar dari hukuman.

Karena pentingnya link building, Nanti akan saya bahas dibab selanjutnya.

Keterhubungan dari konten dan backlink
~ Konten sama on-page,
~ Backlink sama off-page

Ada pertanyaan seperti ini...
..." Apa memang ada hubungannya konten dan becklink?
" itu sangat ada berikut kutipanya dari bing "

"...If the value that you have worked so hard to instill in your site is evident to them, they will assist their own customers by linking back to your site. That, my friend, is the essence of link building..."

Kira-kira seperti itu maksudnya,
Coba kalau website anda memiliki value (nilai) terus dilihat oleh orang lain, dan mereka akan senang hati memberikan link kepada anda. inilah hasil esensi dari link building.

..."Untuk memberikan value, salah satu syarat utama anda harus mempunyai konten yang berkualitas. Untuk dilihatkan value ini kepada orang lain, dan pemasaran konten harus dilakukan.
Intinya sumber backlink terbesar itu dari suatu kontenyang berkualitas.

Menurut social media dan off-page SEO


Ini mempunyai efek yang besar dari social media terhadap SEO ini merupakan perselisihan yang tak ada akhirnya.

Ada dari orang ini mengagap penting ada pengaruhnya terhadap website, dan ada juga yg berpengaruh hanya dari google+ atau keduanya ada yg menganggap gak ada pengaruhnya sama sekali.

Menurut anda penting apa tidak socialmedia marketing?
..."ini penting salah satu faktor pendorong website anda.

Mungkin tidak ada hubunganya dengan SEO, tapi ini salah satu cara memperkenalkan website anda kepublik.

Yang kita bicarakan ini tadi maksutnya...
Disamping kita punya konten yang berkualitas kita juga perlu social media untuk memperkenalkan website, maka sebab itu media social itu salah satu tempat yang tepat.

Misal orang lain membaca konten anda dan dia senang secara otomatis akan menyebarkan konten anda untuk semua orang dengan ngeshare, like dan sebagainya.
makakanya harus aktif disocial media mulai sekarang untuk memasarkan website anda.

Ada dua artikel bagaimana cara memasarkan ke social media:

Faktor dari Off-page SEO mempunyai rangking
Ini salah satu permainan untuk populasi website. untuk menentukan populasi dari google ini mempunyai faktor-faktor. Kita mengerti backlink ini faktor penting off-page SEO. Tapi tak semua tehnik backlink ini dampaknya negatif.

Ini cara faktor-faktor penentu rangking dari lua website.

1.Dari kualitas Backlink

Pengaruh dari backling yang berkualitas ini akan menjadi penentu dari pada backlink yang tidak berkualitas. 

Tapi bagaimana caranya seperti :
~ Keaktifan website
~ Kasamaan topik
~ Reputasi website
~ Kesamaan bahasa
~ Penempatan backlink dalamwebsite
~ Dofollow dan nofollow

Supaya dari penempatan backlink yang berkualitas ditaruh dalam teks istilahnya contextual link.
Soal dari pihak google membaca teks yang ditaruh link tersebut didalam konten apa. ini salah satu cara mendapatkan poin tersendiri untuk keyword tersebut.

2. Anchor text didalam baclink

Ini sebagai kata kunci text yang ditauh link dan website anda akan mendapatkan poin besar dalam text yang gunakan sebagai anchor.

Tetapi penggunaan yang sama diulang beberapa kali tidak memberikan dampak positif lagi.
Yang perlu anda pahami ketika 1 halaman ada 2 link menuju website anda dari keduanya punya anchor yang berbeda, dari pihak google cuma menggunakan anchor yang pertama.

3. Jumlah dari backlink

Banyak backlink yang anda dapat itu akan semakin baik,
Tapi tidak  cuma itu saja.
Kualitasnya harus sejalan dengan kuantitas. kalau anda mendapatkan backlink dari website yang tak punya reputasi, ini tidak terhitung sebagai faktor positif.

4. Backlink yang beragam


Banyak jenis-jenis backlink, salah satunya contextual dan yang lain seperti,blog comment, bio, widget,advertorial, dictory, dan yang lain

Jenis backlink yang anda gunakan terlalu banyak makan akan memberikan efek yg optimal. secara logika, semakin banyak ragam backlink yang kita dapat secara alami, inilah factor-factor keragaman dari mesin pencari

5. Reputasi social


Disetiap komentar pihak google memahami sentimen. Maksutnya waktu website anda terindak terusa ada komentar negatif dari orang lain,ini akan berdampak buruk.
Begitupun sebaliknya kalau komentarnya positif akan berdampak baik.

6. Aktifitas dari social


Misal website yang dibilang website aktif ( website social ) seperti jejarimg sosial, social media itulah website yang populer.
Keaktifan website bisa dilihat dengan alat ukur berupa jumlah share kejejaring sosial. tapi anda harus inget sentimen positif dan negatif.

7. Faktor personl dari pengguna


Sejak personalized search diterapakn oleh pihak google, Pencarian keyword yang sama akan dibedakan masing- dari pihak google.

Ada faktor yang dipengaruhi :
..."Apa itu...?
~ Tingkat kepuasan pengguna terhadap website
~ pernah apa tidak pengguna mengunjungi website
~ bahasa dan negara
~ Apakah website pernah dishare temanya

Yang perlu diketahui mesin pencari tidak pernah menguarkan daftar resmi faktor yang mempengaruhi terhadap peringkat. semua itu didapat secara empiris.
Bab berikutnya membahas lebih lanjut mengenai backlink.
Anda sudah menyelesaikan 5 dari 7 bab
71%

0 Response to "Cara Meningkatkan Popularitas Peringkat Pertama (Off-Page SEO)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...